Tata Cara Sholat Tahajud Dari Niat Hingga Salam

Sholat tahajud atau sholat sunnah di malam hari kerap dilakukan untuk semakin mendekatkan diri pada Allah Subhanahu Wa Ta’ala. Tata cara sholat tahajud ini sebenarnya tidak jauh berbeda dengan tata cara sholat lima waktu pada umumnya. Kita tetap diwajibkan untuk berwudhu sebelum sholat, membaca niat, membaca Al Fatihah dan suratan pendek serta mengakhirinya dengan salam. Tak lupa pula aneka doa bacaan setelah sholat yang dapat dibaca setelah sholat tahajud. Untuk jumlah rakaatnya minimal adalah dua rakaat dan maksimal tidak terbatas. Waktu pengerjaan adalah di malam hari setelah bangun tidur, mulai dari selepas waktu Isya hingga masuk waktu Subuh.

 

Untuk lebih memahami tata cara sholat tahajud, berikut adalah panduan lengkap cara mengerjakan ibadah sholat sunnah malam ini.

  1. Mulailah sholat tahajud dengan membaca niat sholat tahajud. Niat sholat inilah yang membedakan sholat tahajud dengan sholat lima waktu. Jangan lupa wudhu dulu tapi ya. :p
  2. Pada rakaat pertama, kita membaca surat Al Fatihah dan suratan pendek, misalnya surat An Nas
  3. Dilanjutkan dengan ruku, itidal lalu sujud
  4. Rakaat kedua kembali membaca Al Fatihah dan disertai suratan pendek seperti surat Al Falaq
  5. Setelah itu kembali dilanjutkan ruku, itidal dan sujud, akhiri dengan salam
  6. Walaupun surat pendek yang dianjurkan untuk dibaca saat sholat tahajud adalah An Nas dan Al Falaq, namun kita juga bisa membaca suratan lain

 

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, kita juga bisa menambah rakaat sholat menjadi lebih dari dua. Setelah selesai sholat, jangan buru-buru bangkit. Duduklah dengan khusyu untuk berdzikir serta membaca shalawat Nabi. Perbanyak istighfar setidaknya sebanyak seratus kali, dan baca shalawat Nabi sebanyak tiga puluh dua kali. Dzikir ini bertujuan agar kita dapat lebih mendekatkan diri pada Allah Subhanahu Wa Ta’ala. Tata cara sholat tahajud ini memang pada dasarnya sama saja seperti sholat lima waktu. Perbedaannya hanya pada waktu pengerjaan serta bacaan niat. Namun untuk suratan pendek yang dibaca dalam sholat sama saja seperti ibadah sholat lima waktu.

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *