Bayangkan ini, malam musim dingin yang dingin, Anda lagi duduk di dekat pemanas dengan secangkir cokelat panas di satu tangan dan satu buku besar di tangan yang lain.   Belajar dalam suasana romantis ini menyenangkan . Sekarang bayangkan ini, ruang ujian yang dingin, Anda berkeringat karena saraf dan ketakutan, teks yang akan Anda baca tidak masuk akal dan kata-katanya tampak campur aduk.  Membaca dalam keadaan yang menegangkan ini tak tertahankan dan tidak memuaskan . tidak perlu takut, ini tidak harus terjadi pada Anda.   Terdapat beberapa cara agar dapat menemukan cara yang lebih baik dari contoh tersebut. Yang harus anda kerjakan adalah dengan mempersiapkan diri anda dan ikuti enam strategi di bawah ini dan IELTS General.

Strategi IELTS Reading Tips 1

Bersikaplah yang tegas jangan membiasakan menghayal atau mengada ada.  Bisa saja anda mengerti kata yang anda baca tidak sama kenyataannya seperti kala anda berjumpa dengan kekasih impian anda, bertekuk lutut di lantai dan menyatakan cinta yang abadi untuk anda. Teks IELTS berlimpah akan kosa kata yang cukup spesial. Jangan takut melewatkan kata yang sulit, asalkan Anda mendapatkan keseluruhan arti itulah yang penting.   anda bisa belajar memahami kata-kata yang tidak anda kenal dengan cara melihat keseluruhan isi teks dan kalimat serta bangun dari kata-katanya – seperti halnya apakah itu kata kerja atau kata benda?

Tips:  Buat daftar kosa kata

Anda perlu membeli buku kecil di toko dengn harga $ 2 dan berikan buku itu nama ‘The vocabulary book’. bawalah buku itu selalu setiap kali anda akan membaca. Tuliskan semua kata-kata yang tidak anda pahami di buku tersebut dan lihat artinya nanti.

Strategi IELTS Reading 2

Yang ini mungkin mengejutkan … tapi yang sata saya sarankan Anda adalah tetaplah MEMBACA! Ya, baca di waktu luang anda, pilih berbagai bacaan yang berbeda, seperti National Geographic, the New Scientist, the Economist, berita online, cerita pendek, dll … Dan jangan lupa ajak teman baru anda ‘The vocabulary book’!

Strategi IELTS Reading 3

Yang ini penting . MENGKATEGORIKAN. Belajar mengenali jenis teks yang Anda baca akan memungkinkan Anda menjawab pertanyaan dengan lebih cepat.

Ada empat jenis teks IELTS:

Teks analitik, yang membahas alasan mengapa sesuatu terjadi, membuat rekomendasi atau menjelaskan sebuah konsep.

Teks deskriptif, yang menggambarkan suatu situasi, menjelaskan bagaimana sesuatu dilakukan atau mengkategorikan sesuatu.

Teks diskursif, di mana pendapat berbeda diungkapkan tentang sebuah isu.

Dan teks naratif, yang menjelaskan urutan kejadian secara kronologis.

Strategi IELTS Reading 4

Kuasai teknik skimming. Skimming pada dasarnya membaca dengan kencang, melompati kata-kata yang tidak penting atau tidak diketahui untuk mendapatkan pemahaman keseluruhan secara cepat mengenai teksnya. Anda bisa melakukan ini saat mencoba memahami gagasan umum sebuah paragraf atau untuk menemukan jawaban atas suatu pertanyaan.

Strategi IELTS Reading 5

Pemindaian. Pemindaian ini sangat berguna untuk mencari sesuatu yang spesifik. Anda dapat melakukan pemndaian agar dapat menemukan lokasi jawaban di teks dengan cara melihat kata, angka, tanggal, dan kata yang ada huruf kapital di awalnya seperti halnya nama tempat.

Strategi IELTS Reading 6

Fokus persis kepada apa yang Anda diminta untuk jenis pertanyaan yang memerlukan penyelesaian.

Jika pertanyaan meminta Anda untuk melengkapi catatan ‘in the …’ dan jawaban yang tepat adalah ‘evening’, cukup gunakan ‘evening’ sebagai jawaban Anda; Perhatikan bahwa jawaban ‘in the evening’ tidak benar.

Jadi pendapat saya ialah memakai keterampilan mikro dan membenarkan saran diatas. J Apabila seperti itu pada saat anda duduk dan ikut dalam te IELTS anda, anda tidak akan berkeringat lagi, malah anda akan merasa senang.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *