HARI Raya Idul Fitri telah berlalu sekira 2 minggu, tetapi harga sebagian keperluan pokok di Pasar Induk Tanjung Selor masih tetap mahal karna belum juga ada penurunan.

Seperti harga bawang merah, dari pantuan wartawan Radar Kaltara di Pasar Induk, harga bumbu masak itu masih tetap Rp 45 ribu per kg (kg) dari mulanya Rp 40 ribu kg. Bawang putih Rp 25 ribu per kg naik jadi Rp 30 ribu per kg. Begitu halnya tomat, walau telah alami penurunan namun masih tetap mahal yaitu Rp 30 ribu per kg.

Saat Lebaran, Harga Sembako Masih tetap Mahal

harga sembako traditional

Salah seseorang pedagang sembako di Pasar Induk Tanjung Selor menyebutkan, sesudah harga sebagian keperluan pokok naik sebelumnya lebaran lantas sampai sekarang ini belumlah ada perubahan harga yang penting.

“Ada yang mulai turun ada yang masih tetap bertahan dengan harga sebelumnya lebaran, ” kata Rahma pada Radar Kaltara saat didapati ditempat jualannya.

Dia mencontohkan harga tomat, sekarang ini harga nya telah turun Rp 30 ribu per kg dari harga terlebih dulu Rp 40 ribu per kg.

“Tapi harga itu masih tetap mahal, karna harga wajarnya cuma Rp 14 ribu per kg, ” katanya.

Masih tetap belum juga stabilnya harga keperluan pokok ini, saya dia, karna banyak distribustor yang belum juga beroperasi hingga memengaruhi stock sebagian keperluan pokok.

“Otomatis stock menyusut harga jadi naik, ” tuturnya.

Tetapi naiknya harga sembako, menurut dia, bukanlah karna beberapa pedagang yang memainkan harga namun kenaikkan telah berlangsung pada tingkat distributor. ”Mau tidak ingin kami sesuaikan harga dari penyuplai (distributor), bila tidak ingin rugi, ” katanya.

Sesaat untuk harga daging sapi serta daging ayam telah mulai stabil. Untuk daging sapi telah kembali normal sekira Rp 145 ribu per kg serta daging ayam Rp 36 ribu per kg.

“Sebelum lebaran harga daging sapi Rp 160 ribu, daging ayam Rp 38 ribu, ” ungkap Zulfakar (43), pedagang daging di Pasar Induk.

Turunnya harga ini, menurut dia, karna keinginan daging, baik daging sapi ataupun daging ayam mulai alami penurunan. ”Permintaan daging mulai kembali normal, jadi harga turun, ” katanya.

Hal tersebut, kata dia, bukanlah rahasia umum sekali lagi. Di waktu stock banyak keinginan sedikit harga akan murah, serta demikian sebaliknya bila stock sedikit keinginan banyak jadi harga akan naik.

Sedang untuk harga telur ayam masih tetap stabil Rp 48 ribu per kg, sayur sawi Rp 3 ribu per ikat, bayam Rp 2 ribu per ikat, serta kacang panjang Rp 2 ribu

http://info-pasar.com/

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *