Nutrisi apa yang Anda dapatkan dari pisang matang?

Pisang masak mengandung konsentrasi tinggi serat makanan, vitamin C, potassium, vitamin B-6 dan senyawa antioksidan. Harvard School of Public Health melaporkan bahwa makanan yang kaya nutrisi yang disediakan oleh produk seperti pisang dapat mengurangi risiko sejumlah masalah medis. Hindari mengonsumsi pisang jika Anda alergi terhadap lateks. Pisang mengandung beberapa protein yang sama dengan lateks dan bisa memicu reaksi yang parah. Segera dapatkan pertolongan medis jika Anda mengembangkan gatal-gatal, bengkak atau kesulitan menelan setelah makan pisang.

Triple T Dr Azlan

Serat makanan
Seorang dewasa mengikuti diet 2.000 kalori membutuhkan antara 25 sampai 35 gram serat makanan setiap hari, dan pisang berumur menengah membuat 12 persen dari kebutuhan ini. Pisang mengandung serat larut dan tidak larut. Serat yang tidak larut, yang tidak rusak saat pencernaan, meningkatkan kesehatan sistem pencernaan. Asupan serat larut yang tinggi dapat mengurangi risiko tekanan darah tinggi dan diabetes Anda. Mengkonsumsi banyak makanan kaya serat seperti pisang juga bisa membantu mencegah stroke, obesitas, penyakit jantung dan hipertensi.

Vitamin C
Pisang berukuran sedang menyediakan sekitar 15 persen dari asupan vitamin C harian Department of Agriculture untuk orang dewasa. Vitamin C yang adekuat memastikan kesehatan kulit dan tulang Anda dan dapat menurunkan risiko kanker, penyakit jantung, osteoartritis dan degenerasi makula terkait usia. Jumlah vitamin C pada pisang matang akan semakin lama semakin lama buahnya terkena cahaya, panas dan udara. Simpan pisang matang tidak lebih dari tiga sampai empat hari setelah membelinya di tempat yang sejuk dan gelap.

Vitamin B-6
Secangkir irisan pisang matang mengandung 0,55 miligram vitamin B-6, atau 42 persen dari jumlah vitamin B-6 yang dibutuhkan orang dewasa setiap hari. Vitamin B-6, juga dikenal sebagai pyridoxine, membantu metabolisme energi dan sintesis neurotransmiter penting dan hormon seperti serotonin dan melatonin. Mengkonsumsi cukup vitamin B-6 secara teratur dari makanan seperti pisang mungkin membuat Anda lebih kecil kemungkinannya untuk mengembangkan rheumatoid arthritis, depresi dan penyakit jantung.

Kalium
Pisang matang memenuhi 11 persen RDA potasium di setiap cangkir buah yang diiris. Kalium adalah mineral dan elektrolit. Hal ini diperlukan untuk pengembangan dan pemeliharaan tulang dan gigi yang kuat dan, bersama dengan natrium, mengatur potensi membran seluler yang memungkinkan otot berkontraksi dan neuron untuk mentransmisikan impuls listrik. Diet yang mengandung asupan potasium yang tinggi dapat membantu mencegah batu ginjal, tekanan darah tinggi, osteoporosis dan stroke.

Antioksidan
Pisang masak mengandung konsentrasi antioksidan yang sedikit lebih tinggi daripada pisang mentah, kata David L. Katz, MD. Antioksidan mampu menghambat radikal bebas dari kerusakan DNA dan jaringan seluler, dan makanan yang kaya akan berbagai antioksidan dapat berperan dalam mencegah kanker. , penyakit jantung, diabetes dan gangguan neurodegeneratif seperti penyakit Alzheimer. Sebuah penelitian tahun 2008 yang dipublikasikan di jurnal medis “Fitoterapia” menemukan bahwa pisang memiliki konsentrasi tinggi dari antioksidan katalase, superoksida dismutase dan glutathione.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *