Kursi makan rotan adalah kursi makan yang di buat dan di produksi dengan menggunakan bahan dasar dari rotan. Di kabupaten jepara jawa tengah ada sebuah desa dimana hampir setengah dari penduduknya bekerja sebagai perajin berbagai macam kerajinan rotan, termasuk juga kursi makan rotan dan juga produk rumah tangga lainnya yang terbuat dari material rotan, seperti kap lampu, tudung saji, baki hantaran dan model menarik lainnya, desa tersebut bernama desa teluk sidi, di desa tersebut kerajinan rotan sudah sangat maju, bahkan pemasarannya bukan hanya sebatas dalam negeri saja namun sudah ada beberapa perajin rotan yang sudah berhasil tembus ke pasar internasional.

kursi makan rotan

Kursi Makan Rotan

Kursi makan rotan memiliki bentuk dan model yang bervariasi, diantaranya ada yang di padukan dengan kayu, rotan di pakai untuk bagian sandaran dan dudukan, sementara komponen lainnya, seperti kaki, tanganan dan lain lain menggunakan kayu sebagai rangkanya. Model kursi makan rotan yang sudah di padukan dengan kayu ini terbukti sangat di sukai oleh konsumen, bahkan untuk kebutuhan eksport ke eropa model tersebut termasuk tinggi peminatnya, hal ini tentu saja sangat menguntungkan bagi para perajin mebel kursi makan dan juga perajin rotan karena harga yang di patok untuk pasar eropa tentu saja lumayan tinggi jika di bandingkan dengan harga untuk pasar domestic.

Kursi makan rotan juga sudah banyak di pasarkan dengan menggunakan media internet, media social seperti facebook dan Instagram adalah salah satu contoh penggunaan media online untuk memasarkan kursi makan rotan ini. Sebenarnya bukan hanya kursi makan yang terbuat dari rotan saja yang di pasarkan dengan menggunakan media online, namun sudah hampir seluruh produk yang terbuat dari rotan yang sudah di pajang di internet. Dengan demikian jangkauan pasar juga semakin luas sampai ke pelosok pelosok daerah terpencil dan tentu saja hal ini sangat menguntungkan para perajin kecil untuk tetap eksis di tenggah serbuan produk asing yang semakin gencar dengan harga yang lebih murah.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *