Gejala Kanker Usus Besar yang Mesti Diwaspadai

Gejala Kanker Usus Besar yang Mesti Diwaspadai – Kanker usus besar stadium permulaan biasanya tidak memperlihatkan gejala yang signifikan, sehingga beberapa orang gagal menerima diagnosis dini malah kankernya mungkin sudah terlanjur menyebar dan telat untuk diobati. Oleh karena itu, penting untuk mengenali serta mengenal gejala kanker usus besar supaya penanganan bisa dijalankan dengan lebih bagus serta tepat sasaran.

Apa saja pedoman dan gejala kanker usus besar?

Menurt Data Dokter Pada biasanya, gejala kanker usus besar mencakup satu atau lebih keadaan berikut ini:

Perubahan pada adat istiadat membuang air besar, seperti diare, wasir, atau feses pendek, yang berlangsung selama lebih dari sebagian hari
Perasaan bahwa Anda mesti membuang air besar namun tak menerima kelegaan setelahnya
Dubur berdarah
Ada darah di feses yang dapat membuatnya menonjol gelap
Nyeri atau kram perut
Kelemahan dan kelelahan
Penurunan berat badan yang tak disengaja
Kanker kolorektal dapat menyebabkan perdarahan. Walaupun sekali-sekali darah dapat diperhatikan atau membikin warna feses menjadi lebih gelap, seringkali feses menonjol normal. Kehilangan darah terjadi pelan dan menumpuk dari waktu ke waktu, sehingga menyebabkan penurunan jumlah sel darah merah (anemia). Adakalanya pedoman pertama dari kanker usus besar yaitu percobaan darah yang memperlihatkan jumlah sel darah merah yang rendah.

Beberapa besar dari problem ini lebih sering kali disebabkan oleh keadaan kecuali kanker kolorektal, seperti infeksi, sembelit, sindrom iritasi usus, atau penyakit radang usus. Tapi, bila Anda mengalami satupun dari problem ini, penting bagi Anda untuk lantas menemui dokter sehingga penyebabnya dapat ditemukan dan diobati bila perlu.

Gejala kanker usus besar yang telah menyebar (metastasis)

Info Kesehatan Gejala kanker usus besar yang telah menyebar (metastasis) bertumpu pada lokasi di mana kanker menyebar, ukuran, serta lokasi tumor di dalam tubuh. Pasien kanker usus besar metastatis tak senantiasa menyadari adanya gejala sebelum diagnosis.

Sekiranya tulang yang tergoda, gejala dapat mencakup nyeri, fraktur, wasir atau penurunan kewaspadaan imbas kadar kalsium yang tinggi,
Sekiranya paru-paru yang tergoda, gejala dapat mencakup sesak nafas atau susah bernafas, batuk, nyeri di dinding dada, atau kelelahan ekstrim.
Sekiranya hati tergoda, gejala dapat mencakup mual, kelelahan ekstrem, peningkatan ketebalan perut, pembengkakan telapak kaki dan tangan imbas penumpukan cairan, dan kulit gatal atau menguning.
Sekiranya kelenjar getah jernih di perut tergoda, gejala dapat mencakup kenyang, perut sembab, atau kehilangan napsu makan.
Sekiranya otak atau syaraf tulang belakang yang tergoda, gejala dapat mencakup nyeri, keder, kehilangan daya ingat, sakit kepala, penglihatan ganda atau melarikan diri, susah bicara, susah bergerak atau kejang.
Kapan mesti menemui dokter?

Konsultasikan pada dokter bila satupun dari gejala ini berlangsung selama sebagian pekan atau menjadi parah. Konsultasikan pula pada dokter bila Anda mengkhawatirkan satupun gejala atau pedoman dalam daftar ini dan mintalah untuk menjadwalkan kolonoskopi untuk menemukan penyebab problem Anda.

Kanker usus besar biasanya terjadi pada klasifikasi lansia, namun tidak menutup kemungkinan dapat juga terjadi pada buah hati-buah hati sekalipun. Oleh sebab itu, terlepas dari berapapun usianya, bila Anda mengalami atau mencurigai gejala kanker usus besar Anda mesti menemui dokter untuk mencari tahu apakah Anda mesti menjalani kolonoskopi. Dokter akan bertanya telah berapa lama dan berapa sering kali Anda mengalami gejala, dan juga pertanyaan lainnya. Ini untuk menolong menemukan penyebab problem, disebut diagnosis.

Sekiranya kanker didiagnosis, meredakan gejala konsisten menjadi komponen yang penting dari perawatan dan pengobatan kanker. Pastikan Anda berdialog dengan regu perawatan kesehatan Anda perihal gejala yang Anda natural, termasuk gejala baru atau perubahan pada gejala.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *