Executive Search – Menjadi Seorang Manager Sukses itu Tidak Sulit

Rujukan: executive search consultant , Seorang pemimpin sangat mempengaruhi cepat lambatnya pertumbuhan perusahaan. Perusahaan akan semakin maju jika didukung oleh manager yang bagus, yakni para manager yang giat dan sanggup mencapai goal-goal yang sudah ditetapkan oleh perusahaan. Tanggung jawab dalam hal pengelolaan perusahaan yang diberikan kepada seorang manager tidaklah kecil. Karena hal ini, otak seorang manager dituntut kreatif dan dapat menelurkan inovasi-inovasi baru sehingga berdampak pada meningkatnya keuntungan perusahaan. Di bawah ini adalah tips mantap yang mampu memberikan kesuksesan seorang manager

1. Memberikan tanggung jawab suatu pekerjaan kepada bawahan yang mampu mengerjakannya
Sebagai seorang manager, dia harus mampu menilai siapa-siapa saja yang mampu mengemban tugas dan menyelesaikannya dengan baik. Itu sebabnya, Sangat dianjurkan bagi seorang manager untuk kenali kelemahan dan kekuatan orang-orang yang berada di bawahnya. Hal tersebut karena setiap orang yang ada di tim pastinya memiliki potensi dan kelemahan yang berbeda sehingga wajib dilakukan observasi mendalam untuk mengetahui faktor-faktor tersebut. Sewatu memberikan tugas kepada orang yang tepat, maka rasa percaya diri itu akan tumbuh dan mampu meningkatkan kinerja orang yang bersangkutan.

2. Menjadi teladan
Menjadi teladan artinya memberikan contoh yang baik kepada anggota tim. Manakala ada peraturan yang dibuat, maka sebagai pemimpin hendaklah menjadi orang pertama yang mematuhinya. Itu makanya, seorang pemimpin harus mampu menyelsaikan tugas yang diberikan kepadanya serta bertanggun jawab jika ada sesuatu yang kurang berkenan. Dengan demikian, bawahan akan lebih hormat dan menghargai setiap keputusan-keputusan yang diambil atasannya.

3. Seorang manager harus bisa memberikan motivasi
Sebagai seorang manager, kemampuan untuk memotivasi sangat diperlukan. Karena hal ini, pengenalan terhadap bawahan menjadi sangat penting karena setiap orang memiliki standar motivasi yang beragam. Nah sewaktu bawahan memiliki performa yang kurang baik dari sebelumnya, seorang manager akan memotivasi orang tersebut sehingga performanya kembali baik. Intinya, motivasi diberikan agar semua orang bisa kembali semangat dan akhirnya bisa mencapai target.

executive search

4. Berani mengakui kesalahannya
Kesalahan dalam mengambil keputusan bisa terjadi kepada siapa saja termasuk seorang manager sekalipun. Pada saat seorang manager salah dalam melakukan sesuatu, hendaknya minta maaf dan mengakui kesalahan yang telah diperbuat. Jika memungkinkan, kesalah yang telah terjadi tadi bisa didiskusikan bersama tim agar menjadi pembelajaran sesama anggota tim.

5. Mampu berkomunikasi secara efektif
Berkomunikasi secara rutin dengan bawahan harus rutin dilakukan seorang manager. Karena hal tersebut, seorang manager harus tahu cara berkomunikasi yang benar dan efektif, baik lewat tulisan atau lisan. Komunikasi yang sifatnya interaktif sangat disarankan, yakni tidak ada salah pengertian dari apa yang disampaikan. Tidak itu saja, seorang manager harus mau menghargai hasil kerja bawahannya dan tidak emosi atau menyinggung perasaan orang lain ketika ada masalah yang timbul.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *