Contoh alat kesehatan elektromedik non radiasi ada beberapa alat. Salah satunya adalah USG. Maksudnya apa yang dimaksud dengan non radiasi ? Kita akn bahas selengkapnya pada kesempatan ini. Memang tidak semua alat – alat medis yang berguna pada manusia meninggalkan jejak positive. Salah satnya adalah sinar rontgen (sinar x) yang berfungsi untuk melakukan foto organ dalam tubuh manusia. Namun sinar x merupakan unsur kimia yang dapat menumbulkan radiasi nuklir yang bisa mengganggu kesehatan. Berkaitan dengn ini, apakah ada alat medis non radiasi ?

contoh alat kesehatan elektromedik non radiasi

Contoh Alat Kesehatan Elektromedik Non Radiasi

Tentu saja ada dan contohnya sekarang akan kita bahas dalam tulisan singkat ini. Beberapa alat kesehatan elektromedik yang tidak menimbulkan radiasi antara lain sebagai berikut.

1. USG

Tentu ada sudah tahu kan apa yang dimaksud dengan USG ( Ultrasonografi).  USG adalah sebuah alat kesehatan yang berfungsi untuk melihat oragan atau bagian dalam tubuh manusia seperti melihat janin dalam kandungan, pemeriksaan lambung, hati dan lain sebagainya. Alat ini bekerja dengan menggunakan gelombang suara ultra sehingga bebas radiasi nuklir dan sangat aman untuk dipakai kapan saja.

2. EKG

Nama alat ini memang Elektrokardiografi (EKG/ECG), namun alat ini sama sekali tidak memancarkan radiasi gelombang atau radioaktif dan sama sekali tidak berbahaya. EKG ini bekerja dengan cara mendeteksi kelistrikan jantung melalui signal – signal listrik yang di dada psaien kemudian menggambar (print) dalam bentuk kertas.

Harga mesin EKG di pasaran cukup murah dan sangat terjangkau. Oleh karena itu seharusnya setiap rumah sakit dan pusat layanan kesehatan lainnya sudah memiliki alat tersebut. Untuk lebih jelasnya, anda bisa tanyakan informasi tentang EKG pada suplier alat medis di dekat kota aknda.

3. Defibrillator

Secara umum defibrillator juga kita golongkan termasuk ke dalam alat elektromedik yang tidak menggunakan rradiasi (non radiasi). Defibtillaor bekerja sebagai alat pacu jantung manual ketika seseoarang mengalami henti jantung karen kecelakaan, tenggelam dan yang lainnya. Alat ini memang memberikan kejutkan listrik dengan kadar tertentu melalui elektroda pedal yang ditempelkan di dada pasien untuk membuat jantung kembali berdetak.

Demikianlah ulasan singkat mengenai contoh alat kesehatan elektromedik non radiasi. Semoga bisa bermanfaat.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *