Segera datangi dokter apabila kalian mengalami gejala kanker paru-paru, gejalanya antara lain nyeri di dada, sesak napas, batuk disertai darah dan batuk berkepanjangan.

Mendeteksi lebih awal pada penyakit kanker bisa meningkatkan keberhasilan proses pengobatan yang akan dijalani. Dibawah ini merupakan beberapa tes yang dapat kita lakukan untuk memastikan diagnosis kanker secara medis.

  • Pemeriksaan Dahak

Dahak yang diproduksi oleh tubuh dan kita keluarkan pada saat batuk bisa diperiksa di laboratorium menggunakan mikroskop. Kadang-kadang pemeriksaan ini dapat digunakan sebagai proses melihat apakah ada sel kanker di dalam paru-paru seseorang.

  • Tes Pencitraan.

 X-ray biasanya digunakan untuk diagnosis pertama untuk kanker paru-paru . Tumor di paru-paru akan terlihat saat proses Pencitraan X-ray ini. Apabila dari X-ray didapati atau dicurigai adanya tanda-tanda kanker paru-paru, tes lanjutan perlu dan harus dilakukan untuk memastikan hal itu.

  • CT Scan

 CT scan dapat memperlihatkan atau menunjukkan adanya sel abnormal kecil yang tidak dapat terlihat saat proses X-ray. CT scan dapat memperjelas tes pencitraan dan detail.

  • PET-CT Scan

 PET-CT Scan dapat menunjukkan lokasi sel kanker yang aktif. PET-CT Scan biasanya dilakukan apabila hasil pemeriksaan dengan CT Scan memperlihatkan sel kanker pada stadium awal.

  • Biopsi

 Biopsi dilakukan setelah tes pencitraan dan menunjukkan adanya sel kanker pada bagian dada. Kemudian dokter akan mengambil sampel sel jaringan yang berada di dalam paru-paru.

Tahap atau Stadium Kanker Paru-paru(lung cancer stages)

  • Stadium 1

Di tahap ini tumor biasanya berukuran kurang dari 5cm. Disini kanker masih terdapat di paru-paru dan belum tersebar ke kelenjar getah bening didekatnya.

  • Stadium 2

Di tahap ini tumor biasanya berukuran lebih dari 5cm. Berapapun ukurannya, tumor dapat dikategorikan masuk stadium 2 jika kanker telah tersebar di otot,  jaringan di sekitarnya dan di area kelenjar getah bening yang ada di dekatnya, serta di saluran pernafasan (bronkus). Kanker menngakibatkan paru-paru mengerut(kolaps), adanya lebih dari 1 tumor berukuran kecil di dalam 1 paru-paru.

  • Stadium 3

Adanya sel kanker yang sudah menyebar ke kelenjar getah bening yang lokasinya jauh dari paru-paru atau kanker sudah menyerang bagian tubuh lain yang fungsinya penting seperti trakea, kerongkongan (esofagus), ataupun pembuluh darah utama yang ada di jantung.

  • Stadium 4

Pada tahap ini, kanker telah menyebar ke semua paru-paru ataupun organ tubuh lain yang lokasinya jauh dari paru-paru seperti hati dan otak. Dapat dikategorikan stadium 4, jika kanker mengakibatkan menumpuknya cairan di paru-paru.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *