Tana Toraja merupakan suatu Kabupaten yang berada di Provinsi Sulawesi Selatan. Tana Toraja memiliki bentuk topografi berupa perbukitan dan pegunungan yang menarik dengan keadaan jalan yang berkelok-kelok dan dihiasi pemandangan berupa perbukitan hijau disepanjang jalan. Udara yang sejuk menjadi kesukaan tersendiri bagi pengunjung yang datang. Salah satu tempat yang populer akhir-akhir ini adalah Obyek Wisata Tana Toraja di kaki Gunung Sesean www.ExploreToraja.com.

Gunung Sesean merupakan satu-satunya gunung yang berada di Tana Toraja. Gunung ini selalu menjadi primadona bagi para wisatawan pecinta alam karena keindahannya. Selain Gunung Sesean, terdapat juga beberapa obyek wisata yang letaknya tepat di Kaki Gunung Sesean. Salah satunya adalah kawasan obyek wisata Batumonganga. Batumonganga merupakan salah satu obyek wisata Tana Toraja di Kaki Gunung Sesean. Tempat ini merupakan gerbang utama untuk masuk ke dalam wisata gunung sesean. Batumongaga juga merupakan tempat asal para pembuat batu pahat kuburan. Tempat ini biasanya digunakan sebagai basecamp bagi para pendaki. Keindahan alam Batumonganga sangat menawan. Hal ini terlihat dari perpaduan antara gunung dan lembah yang menghasilkan sebuah bukit dengan sawah yang dibuat bertingkat-tingkat. Warga masyarakat yang bersikap sopan dan ramah menjadikan Anda semakin betah untuk mengunjungi tempat ini.

Jika Anda ingin melihat rumah adat Tana Toraja, Anda bisa melihatnya di tempat ini. Mulai dari Lo’ko’ Mata hingga Lempo terdapat banyak Rumah Adat Tongkonan yang berderet-deret tertata rapi lengkap dengan lumbung padi yang menjadi ciri khas utamanya. Jika Anda beruntung, Anda juga bisa menyaksikan upacara adat kematian yang biasanya digelar dan dibarengi dengan penyembelihan hewan sebagai kurban. Dari Batumonganga Anda juga bisa menyaksikan kemegahan beberapa kota yang berada di bawah Gunung Sesean seperti Tondon, Sesean, Ratenpao, Sa’dan, Tallunglipu dan Sanggalangi.

Untuk sampai ke kawasan Objek Wisata Tana Toraja di Kaki Gunung Sesean tersedia beberapa jalur yang bisa dilewati. Anda juga bisa menggunakan angkutan umum. Namun lebih seringnya, para wisatawan memilih untuk bersepeda sambil menikmati setiap pemandangan yang ada di sisi kanan dan kiri sepanjang perjalanan.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *