Jika Anda frustrasi oleh masalah jerawat yang tidak kunjung usai, Anda mungkin berpikir bahwa perawatan kulit yang Anda lakukan salah. Selain itu, kulit wajah yang berminyak secara berlebih juga menambah daftar panjang permasalahan kulit wajah anda.

Terlepas dari genetika, faktor lain – seperti aktivitas sehari-hari Anda, lingkungan yang panas, atau tahap hormonal Anda dalam kehidupan – dapat memperburuk kulit berminyak. Kulit wajah juga lebih rentan terhadap hiper-pigmentasi, yang bisa berarti bintik-bintik coklat yang tidak diinginkan, terutama saat Anda menghabiskan waktu di bawah sinar matahari.

mengatasi kulit berminyak

Jadi, bagaimana keadaanmu? Berikut adalah empat cara mengatasi kulit wajah yang berminyak

1. Temukan pembersih yang tepat

“Ketika sampai pada kulit berminyak, pikirkan untuk membersihkan wajan besi: Anda membersihkan minyak dengan minyak,” kata Deniz Ataman, seorang spesialis perawatan kulit Clarins yang sudah tua dan editor pengelolaan Perfume dan Flavorist Magazine saat ini. Dengan sentimen itu, dia sangat mendukung pembersih berbasis minyak, seperti Lotus Face Treatment Oil dari Clarins.

Namun, apakah Anda pergi dengan pembersih berbasis minyak atau tidak, Dr. Bowes merekomendasikan steering clear dari apapun dengan alkohol dan mengeluarkan formula lembut seperti yang akan diambil kulit Anda, karena formula yang keras dapat menghilangkan lebih banyak minyak daripada yang Anda butuhkan. “Anda tidak ingin minyak berlebih [di kulit Anda] karena itu bisa memberi makan bakteri, tapi Anda juga tidak ingin mengupas semua asam lemaknya,” katanya.

2. Bersihkan wajah dengan benar

Dr. Bowes mengatakan bahwa dia biasanya menemui pasien yang mengalami kulit berminyak kronis karena mereka tidak pernah belajar mencuci wajah dengan benar. Saran utamanya “Pilih pembersih yang lembut dan gunakan setidaknya dua kali sehari untuk menormalkan kadar minyak.” Alih-alih meraih toner setiap hari, gunakan sekali atau dua kali seminggu paling banyak dan buat krim cuti pengganti untuk mengendalikan produksi minyak. Overusing toner dapat menyebabkan kulit sensitif atau terlalu sensitif – jadi pilih krim rendah akan benzoil peroksida atau asam salisilat.

3. Jaga Agar tetap Terhidrasi

“Dehidrasi bisa menekan kelenjar untuk menghasilkan lebih banyak minyak,” kata Ataman. Cara favoritnya untuk melembabkan wajahnya adalah dengan membuat masker tanah liat dari waktu ke waktu. Untuk hidrasi harian, Dr. Bowes menyarankan penggunaan pelembab yang mengandung asam hyaluronic daripada ceramides, yang bisa mengunci bakteri dan menyebabkan jerawat. Cobalah Boots Botanics Shine Away Mattifying Day Cream.

4. Pilih riasanmu dengan bijak

Dr. Bowes merekomendasikan untuk menghindari produk penyumbatan pori-pori seperti foundation cair atau produk lain yang terasa berat. Dia lebih menyukai pondasi berbasis mousse untuk lapisan sutra, namun kata dasar aerosol juga bekerja dengan baik. Jika hanya sedikit yang ingin Anda tutupi, pilih bedak di atas pondasi. Terlepas dari produk Anda, Dr. Bowes menekankan untuk menghapus makeup sebelum Anda tidur, “atau bahkan lebih baik lagi, saat Anda pulang ke rumah, sehingga kulit Anda bisa bernafas.” Apabila anda ingin membeli bedak tabur, pilih bedak tabur khusus kulit berminyak.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *