Untuk informasi Lowongan kerja sekitar kota Bertuah, kunjungi info lowongan kerja cafe di Pekanbaru Juni 2017.

Setiap karyawan tentunya tak ingin terlibat dalam masalah dan konflik apapun di lingkungan kerjanya, kenapa? Karena konflik bisa menimbulkan rasa frustrasi, stres, tempramen yang buruk, serta hal lain yang bisa bikin tingkat produktivitas kerja menurun.

Namun, menurut sebuah riset, 85% karyawan pasti pernah mengalami konflik di tempat kerjanya. Bisa dengan atasan maupun dengan rekan kerja.

Kabar baiknya yaitu Anda sebenarnya bisa menghindari konflik di tempat kerja dan Anda bisa fokus menyelesaikan tugas Anda.
Bagaimanakah caranya? Yuk disimak ulasan lengkapnya.

1. Jangan Terjebak Perilaku Emosional
Beberpa orang dilahirkan untuk memperoleh hal yang mereka inginkan dengan menunjukkan emosi berlebih. Misalnya seperti marah-marah, mengeluarkan air mata, menunjukkan ketakutan.

Jika kamu akan membuat sebuah keputusan lalu ada seorang rekan kerja yang selalu berhasil ‘memaksa’ kehendaknya dengan cara menangis, cobalah beri dia waktu untuk menghirup udara segar sejenak.

Dengan begitu, beri dia waktu hingga rasa emosionalnya hilang dan bisa berpikir lebih jernih.

2. Ciptakan Suasana Positif
Anda pasti pernah merasakan keberadaan orang yang ceria sangat bermanfaat di lingkungan kerja. Oleh karena itu, tirulah hal tersebut dengan bersikap ceria dan menyenangkan serta positif yang membuat orang-orang pun jadi enggan berkonflik dengan Anda.

Sekalipun berselisih pendapat, pertahankanlah pendapat Anda dengan cara yang sopan tanpa menjatuhkan yang lain.

Intinya ketika Anda bersifat positif, dijamin kemungkinan Anda dibenci orang lain akan makin sedikit serta konflik pun makin sedikit pula.

3. Menerima Perbedaan Karakter
Tiap orang tumbuh dalam lingkungan yang berbeda dan sangat beragam. Nilai-nilai dan prinsip yang dianut oleh setiap orang pun berbeda.

Tak heran, menurut sebuah penelitian, 50% konflik di tempat kerja disebabkan karena perbedaan prinsip dan karakter individu yang ada di dalamnya.

Untuk menghindari konflik, pahamilah jika setiap orang itu unik serta terimalah perbedaan karakter rekan kerja Anda.

Contohnya, jika ada rekan kerja yang mengajak Anda untuk membully salah seorang rekan yang lain dikarenakan adanya perbedaan prinsip, maka tolaklah secara halus.

Sumber: Tunakarya.com

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *